Info Tentang Kekurangan Kelebihan BB CDMA


Info Tentang Kekurangan Kelebihan BB CDMA
Apa saja sich kekurangan dan kelebihan  Blacberry sistem  CDMA? Tolong dibantu ya, terima kasih. Pertanyaan itu barangkali ribuan kali sudah kita dengar ataupun baca, tapi tahukah anda apa jawabannya? ok deh langsung saja kali ini pada posting ini admin akan bahas apa sih kekurangan dan kelebihannya:

Pada dasarnya baik BlackBerry CDMA ataupun BlackBerry GSM tidak ada perbedaan yang berarti, kecuali dukungan network buat layanan BIS (BlackBerry Internet Service)-nya. Ya, di sini pastinya BlackBerry CDMA bekerja di jaringan operator CDMA (Esia, Smartfren), dan BlackBerry GSM berjalan di jaringan milik operator GSM (Telkomsel, XL, Axis, Three, Indosat).

Namun, buat harga jualnya di pasaran cenderung murah BlackBerry CDMA, disebabkan ponsel ini umumnya hadir dengan paketan bundling operator. Jadi sudah memperoleh subsidi dari operator bersangkutan. Hanya saja, biasanya BlackBerry ini sistem nomor kartunya dikunci (locked), khusus buat dipakai layanan operator pem-bundling. Jadi, tidak bisa digunakan buat kartu CDMA lainnya. Dan juga, umumnya model kartunya inject, alias nomor tanam, bukan model SIM card biasa.

Buat ukuran kekuatan jaringan, memang sih coverage GSM jauh lebih luas dibanding CDMA, khususnya operator GSM yang sudah lama dan mempunyai banyak pelanggan. Akan tetapi mengenai, kemampuan datanya dapat dibilang hampir setara. Jika GSM punya 3G/HSDPA maka di CDMA ada EV-DO. Bahkan, di Smartfren sudah level EV-DE Rev.b, sebagai kelanjutan Rev. A, dengan kecepatan akses yang lebih handal.

Perangkat/device yang digunakan di BlackBerry CDMA pun sejatinya tak jauh beda, baik disain maupun dukungan fiturnya. Contohnya saja, BlackBerry Gemini 8520 (versi GSM) memiliki saudara kembar dalam varian CDMA, yaitu BlackBerry Aries 8530. 

Jadi intinya tidak adanya perbedaan yang signifikan, kecuali masalah coverage jaringan, yang mesti disesuaikan dengan kondisi daerah tempat Anda tinggal. Apakah di daerah Anda coverage GSM lebih bagus, atau kah CDMA-nya yang lebih mumpuni sinyalnya? Tinggal pilih!